Cara Membangun Backlink Yang Berkualitas Baik Dan Aman

Juli 20, 2017

Cara Membangun Backlink Berkualitas

Backlink merupakan pondasi untuk membangun website berkualitas. Backlink sangat berpengaruh dalam mempopulerkan website dan meningkatkan posisi website di hasil pencarian. Di artikel mengenai backlink, dijelaskan bahwa backlink adalah link yang berasal dari luar website, dimana link tersebut mengarah ke website kita. Tujuan utamanya, yaitu agar blog lebih dikenal oleh blogger lain dan juga search engine, serta untuk memperoleh pengunjung tambahan.

Untuk memperoleh backlink, cara yang paling tepat adalah dengan membangun backlink itu sendiri. Kegiatan membangun backlink dinamakan link building. Link building merupakan cara yang digunakan untuk memperoleh backlink dari website lain, yang intinya bagaimana link blog kita bisa tercantum di blog lain. Ada 7 cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, berikut penjelasannya :


1. Buat Konten Berkualitas


Konten berkualitas merupakan tahap pertama untuk membangun backlink berkualitas. Bisa dibilang konten itu ibaratkan pondasinya. Memangnya mengapa harus konten yang bagus? Backlink itu berati kita merekomendasikan website kita ke website lain. Untuk apa kita mengajukan website kita kalau artikelnya tidak berkualitas? Bukan hanya anda, orang pun pasti tidak akan bersedia mempromosikan artikel yang buruk. Jadi konten yang baik sangat diperlukan untuk membangun backlink berkualitas.


2. Broken Link Building

Apa sih broken link building itu? Broken link merupakan sebuah link yang tidak bisa dibuka (bisa eror, atau not found 404) yang bisa terjadi pada link antar halaman dalam blog sendiri, maupun link yang mengarah keluar menuju blog lain. Apabila anda menemukan broken link di blog seseorang, dimana di blog tersebut terdapat link yang tidak bisa dibuka (eror), anda bisa menjadikannya sebagai backlink. Broken link building merupakan kegiatan menggantikan link rusak yang ada di blog lain, dan diganti menjadi link blog kita.

Apakah boleh seperti itu? Bisa iya, bisa juga tidak, tergantung izin dari sang pemilik blog. Pasalnya cara ini sama saja kita "meminta" backlink dari seseorang, namun cara ini lebih natural dan profesional, tidak seperti metode blogwalking yang secara terang-terangan meminta backlink di kolom komentar dengan meninggalkan link blog. Bagaimana cara memintanya? Anda bisa memintanya melalui email atau kontak yang ada di blog tersebut. Bicaralah dengan baik-baik untuk meminta izin agar sang pemilik bersedia mengganti link rusak tadi dengan link blog anda sebagai alternatifnya. Kalau anda mau, anda juga bisa meminta langsung di kolom komentar, namun gunakanlah kata-kata yang baik, seperti contoh di bawah ini :

"Admin, saya lihat di blog anda terdapat link yang rusak (broken link). Kalau boleh, apa bisa anda mengganti link rusak tersebut dengan link blog saya? Terima kasih.."

Kalau boleh ya syukur, kalau tidak ya tidak apa-apa. Meski begitu, bila anda ingin melakukan metode ini, pastikan website atau blog anda berkualitas baik. Sebab pemilik blog hanya bersedia mengganti link yang rusak dengan link blog anda, bila blog anda berkualitas. Yaitu memiliki konten-konten berkualitas dan memiliki banyak pengunjung. Selain itu pastikan juga blog tersebut relevan dengan blog anda.


3. Situs Social Bookmarking


     Anda tentu sudah sangat familiar dengan kata bookmark. Bookmark merupakan fasilitas untuk menyimpan alamat situs, sehingga kita tak perlu repot bila ingin membukanya kembali. Sama halnya dengan situs social bookmarking. Social Bookmarking atau Sosbok merupakan sebuah situs yang menyimpan link artikel dari berbagai website, atau tempat untuk menampung website/blog yang dianggap bagus (favorit) oleh anda.

Misalnya anda menemukan artikel dari blog seseorang dan anda menyukai artikel tersebut. Apabila anda memasukannya ke situs sosbok dan ada orang yang mengunjunginya, maka blog seseorang tadi baru saja mendapatkan backlink dan pengunjung. Anda pun juga bisa menaruh link artikel website anda untuk memperoleh backlink. Namun pastikan dulu website anda memiliki kualitas yang baik.


4. Melalui Guest Blogging

Guest blogging merupakan metode yang ampuh untuk mendapatkan backlink yang natural dan berkualitas. Guest blogging merupakan kegiatan bertamu ke blog lain dimana anda (pelaku guest blogging), bisa menulis dan menerbitkan artikel di blog tersebut, tentunya dengan izin sang pemiliki blog. Ketika anda menulis artikel di blog tersebut, anda bisa menyisipkan alamat website anda. Saat ini sudah banyak blog yang menyediakan tempat bagi para guest blogger untuk bertamu di blog mereka. Cara mencarinya, anda mengunjungi mesin pencari dan mengetikan : "topik" guest blog, atau postingan tamu "topik". Contoh:
  • SEO guest blog
  • postingan tamu usaha rumahan
Apabila sudah ketemu, hubungi  pemilik blog untuk meminta izin melakukan guest blogging. Namun saya ingatkan, ketika anda ingin menerapkan metode ini, pastikan website yang anda tumpangi memiliki kualitas yang bagus, artinya memiliki banyak pengunjung, menempati halaman pertama hasil pencarian, populer dan memiliki reputasi yang baik, serta berumur lebih dari setahun. Agar nantinya backlink yang didapat benar-benar berkualitas.

Jangan pernah melakukan guest blogging terhadap website yang memang dirancang untuk kegiatan guest blogging, atau pun website yang menjual guest post. Karena sebagian besar backlink yang berasal dari sana berkualitas buruk dan sudah dianggap spam oleh google. Jadi, bijaklah dalam menetukan blog yang ingin anda tumpangi dalam kegiatan guest blogging. Ada satu website untuk guest blogging yang saya sarankan, yaitu jefferlysuperclub.


5. Resource Page Link Building


Apakah anda pernah mendengar istilah resource page link building? Resource page merupakan sebuah artikel yang memuat (menampung) banyak link yang mengarah ke website lain. Seperti misalnya anda pasti pernah melihat artikel yang berisikan "10 website penyedia gambar gratis untuk blogger" atau "5 website yang menyediakan jasa SEO" dan lain sebagainya seperti di bawah ini :


Backlink Berkualitas dari Resource Page Link Building

Resource page link building ini merupakan teknik membangun backlink yang intinya bagaimana agar link website kita bisa tercantum di salah satu daftar (list) di sebuah artikel seperti artikel di atas. Kira-kira seperti itulah pengertiannya. Misalnya anda mengunjungi artikel tentang "10 blogger terbaik di Indonesia," anda bisa menghubungi si pemiliki blog melalui kontak yang disediakan di blognya, untuk meminta apakah boleh menambahkan website anda di daftar artikel tersebut.

Apakah boleh seperti itu? tentu saja boleh, dan justru si pemiliki website akan berterima kasih karena anda menambahkan daftar (koleksi) dalam artikelnya. Meski begitu, anda juga harus memiliki blog yang berkualitas. karena pemilik blog tidak akan bersedia menambahkan blog anda dalam artikelnya, bila blog anda tidak memiliki kualitas. Selain itu carilah blog yang relevan dengan topik anda.


6. Melalui Web Direktori


Selain digunakan untuk membangun backlink, web direktori juga sering digunakan untuk kegiatan marketing. Web direktori merupakan situs untuk menampung artikel-artikel yang tujuan utamanya untuk memperoleh backlink. Caranya, anda tinggal membuat artikel yang berkualitas dan submit di berbagai direktori. Selain backlink yang di dapat, website anda pun juga memperoleh tambahan pengunjung.

Sebelum menggunakan metode ini, pastikan anda mengetahui web direktori yang memang memberikan backlink berkualitas. Sebab sudah banyak blogger yang terkena penalti dari google karena menggunakan web direktori yang abal-abal. Agar tidak mengalami nasib serupa, berikut adalah kriteria web direktori berkualitas dan yang tidak, yang dikutip dari Panduan IM

  • Web direktori berkualitas sangat ketat dalam memilih artikel siapa saja yang bisa terdaftarkan. Artinya hanya website berkualitas yang terdaftar di web direktori. Selain itu web direktori berkualitas memiliki reputasi yang baik dan telah berumur lebih dari 1 tahun.
  • Web direktori abal-abal memiliki topik yang sangat banyak dan beragam. Tanpa  seleksi penerimaan terlebih dahulu sehingga banyak website berkualitas buruk yang berpartisipasi, dan tidak ada aktivitas pengunjung.

7. Gabung di Web Forum


Perlu diketahui, forum tidak dirancang untuk wadah backlink, melainkan tempat untuk belajar bersama, berdiskusi, dan berkomunikasi bagi para anggotanya. Meski begitu, bukan berati kita tidak bisa memanfaatkannya sebagai tempat memperoleh backlink. Tentu bisa, hanya saja kita harus mengikuti aturan mainnya. Fungsi utama sebuah forum adalah tempat untuk belajar dan berbagi ilmu. Namun banyak blogger yang salah mengartikan dan malah menaruh backlink seenaknya. Apabila anda menemukan forum dimana anggotanya menaruh backlink secara massal dan terang-terangan, maka jangan ikuti. Google bisa menyelidiki backlink tersebut dan mengkategorikannya sebagai spam.

Lantas bagaimana? Bila anda ingin mendapatkan backlink berkualitas, maka bergabunglah di forum-forum besar. Namun dikarenakan anda bergabung di forum yang besar (yang artinya populer, memiliki banyak anggota, reputasinya baik), biasanya terdapat aturan yang sangat ketat dan harus dipatuhi. Sebenarnya mudah saja untuk mematuhi peraturan, karena peraturan yang ditetapkan intinya anda tidak boleh melakukan kegiatan yang tergolong spam.

Yang harus anda lakukan, temukan forum yang sesuai dengan topik anda dan daftarkan. Ikuti semua peraturan yang ada dan rajin untuk memposting artikel yang berkualitas. Ketika ada yang bertanya atau ingin berdiskusi, maka jawablah dan layani dengan baik dan sopan. Apabila anda sudah mulai dikenal, anda bisa sesekali menaruh backlink disana. Ingat ya, sesekali bukan berlebihan.


Kesimpulan

Seperti itulah cara untuk membangun backlink berkualitas.  Apakah kita bisa mendapatkan backlink dengan sendirinya? Tentu bisa, namun jauh lebih sulit dibandingkan membangun backlink sendiri. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya backlink merupakan link yang berasal dari luar website, yang artinya ada website lain yang mencantumkan link website kita di halaman website mereka. Akan sangat sulit mendapatkan website yang bersedia mencantumkan link website kita dengan sendirinya. Backlink itu ibarat kita sedang mempromosikan atau merekomendasikan website kita. Kebayang gak sih, memangnya ada orang lain yang dengan sendirinya mau mempromosikan website kita?

Kemungkinannya sangat kecil. Mungkin memang ada, namun itu pun "hanya" terjadi bila website kita memiliki kualitas yang sangat baik. Orang hanya ingin mempromosikan website kita di websitenya, bila website kita berkualitas. Dan itu tentu membutuhkan waktu yang lama sampai blogger lain mengakui kualitas blog kita.

Jadi dari pada menunggu, lebih baik anda sendiri yang mulai membangun backlink. Dengan menerapkan cara diatas, anda bisa menghasilkan backlink yang berkualitas serta natural di mata mesin pencari. Namun saya ingatkan, pastikan anda tidak melakukan cara diatas secara berlebihan, tidak overdosis, lakukan sewajarnya. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca tips untuk membangun backlink berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terima kasih.


Previous
Next Post »

2 komentar

  1. BANDAR MIX PARLAY TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME.
    Join US ! Klik Link Di Bawah Ini ?
    Www LigaIdola Info PaKai Titik Ya

    BalasHapus