Perbedaan Dropship dengan Reseller, Jangan Terbalik Ya!

Desember 10, 2017

Perbedaan Dropship Dengan Reseller

Masih banyak yang mengatakan bahwa dropship dan reseller adalah sama. Namun nyatanya dropship dan reseller merupakan dua hal yang berbeda, meskipun terdapat kesamaan dalam sistem kerjanya. Agar dapat lebih memahami perbedaan keduanya dengan benar, ada baiknya kita membahas pengertian dropship dan reseller terlebih dahulu.


Apa Itu Dropship dan Reseller?

Di artikel mengenai pengertian dropship, dijelaskan bahwa dropship adalah kegiatan menjual suatu barang/produk, dimana si penjual tidak memiliki persediaan/stok barang sama sekali. Sedangkan reseller adalah kegiatan menjual kembali suatu barang/produk yang dibeli dari supplier, dimana si penjual memiliki persedian/stok barang yang akan dijual. Dari pengertiannya saja anda pasti sudah mulai mengetahui perbedaannya, yakni terletak pada barang atau produk yang dijual. Apabila dropship tidak menyimpan barang/produk sebagai stok, maka seorang reseller memiliki barang/produk untuk dijadikan stok. Reseller ini juga biasa disebut dengan pengecer.

Sistem Kerja Dropship dan Reseller

Meskipun berbeda, namun cara kerja kedua bisnis online ini hampir sama. Untuk memahaminya, coba anda perhatikan dua gambar di bawah ini sebagai perbandingan.

Sistem Kerja Dropship

Sistem Kerja Reseller

Bila anda perhatikan cara kerja keduanya hampir mirp, namun terdapat sedikit perbedaan. Dalam kasus dropshipping (kegiatan dropship), konsumen memesan barang ke dropshipper (pelaku dropship) dan mentransfer uang, kemudian dropshipper akan melanjutkan pesanan dan menyerahkan uangnya ke supplier atau produsen atas nama konsumen, setelah itu supplier akan mengirimkan pesanan ke alamat konsumen.

Sedangkan dalam reseller, pelaku reseller harus membeli barang terlebih dahulu ke supplier atau prosuden untuk dijadikan stok. Kemudian reseller akan menjual kembali barang/produk yang baru saja dibeli. Bila ada konsmen yang membeli, maka reseller akan mengirimkan barang pesanan tepat ke alamat konsumen. Jadi dapat disimpulkan perbedaan yang paling utama antara dropship dengan reseller adalah, reseller harus menyediakan stok barang sedangkan dropship tidak. Selain itu reseller yang mendapat orderan dari konsumen, bisa langsung mengirimkannya tanpa harus menghubungi supplier. Sedangkan dropshipper yang mendapat orderan dari konsumen, akan memberitahukan supplier yang kemudian barang dikirim dari supplier.


Kelebihan dan Kekurangan Dropship Serta Reseller

Kelebihan dan kekurangan dropship
Bisnis dropship terkadang dikenal sebagai bisnis tanpa modal dan minim resiko kerugian, selain itu bisnis ini juga sangat diminati bagi mereka yang baru terjun ke dunia bisnis. Sebab sangat mudah dan dengan kelebihan yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari bisnis dropship:
  • Tidak memerlukan modal yang besar, bahkan bisa tanpa modal. Sebab dropshipper tidak perlu membeli stok barang sama sekali. Yang harus diperlukan hanyalah sebuah gadget (laptop, hp, dll) dan juga internet untuk mempromosikan produk.
  • Tidak repot mengurus barang atau urusan mengantar, cukup serahkan data pesanan ke supplier dan supplier yang menyelesaikannya.
  • Bila barang tidak laku, maka resiko kerugian sangat minim. Sebab kita tidak membeli persedian barang sama sekali.
  • Bisa mengganti supplier bila dirasa kurang cocok, dan bisa juga memiliki lebih dari satu supplier sesuai dengan keinginan. Selain itu pekerjaan ini bisa dilakukan kapanpun dan dimana pun.
Meskipun begitu bisnis dropship ini juga memiliki beberapa kekurangan, berikut kekurangannya:
  • Tidak tahu stok barang yang ready apa saja, sebab dropshipper tidak memiliki stok sama sekali dan jarang menemukan supplier yang menyediakan tabel stok secara online dan selalu update.
  • Karena tidak memegang barang langsung, maka dropshipper tidak mengetahui kualitas barang. Bisa saja barang yang dikirimkan memiliki cacat sedikit, atau salah kirim, dll. Sehingga resiko terkena komplain konsumen sangat tinggi.
  • Tidak memiliki kendali penuh terhadap stok dan tidak bisa mempromosikan barang secara langsung. 
  • Selain itu terkadang ada juga konsumen yang minta difotokan langsung dengan produknya, sebab mereka sadar foto yang dipajang itu merupakan foto yang sudah di bookmark di online shop tertentu.
  • Keuntungannya tidak terlalu besar. Sebab dropshipper tidak bisa menaikan harga sesuka hati, karena akan merusak kepercayaan konsumen. Biasanya dropshipper hanya bisa menetapkan harga yang tak jauh dari harga yang ditetapkan supplier. 
Kelebihan dan kekurangan reseller
Bisnis reseller ini bisa dikatakan pilihan bagi mereka yang menginginkan keuntungan yang lebih besar. Berikut adalah beberapa kelebihan reseller:
  • Karena barang ada di tangan, maka reseller mengetahui jumlah persediaan/stok barang, sehingga reseller bisa lebih leluasa untuk memberitahukan stok barang yang ready atau yang sold out.
  • Sangat percaya diri untuk menjual barang/produk. Sebab reseller mengetahui kualitas dan detail barang secara pasti, apakah ada kecacatan atau tidak, dan sebagainya.
  • Reseller diuntungkan dalam menjual barang/produk, karena bisa dilakukan secara online maupun offline. Dalam kegiatan promosi reseller juga bisa menawarkan barang/poduk secara langsung kepada konsumen.
  • Keuntungan yang didapat jauh lebih besar ketimbang dropship. Sebab reseller mendapatkan harga yang sangat kompetitif dari pembelian barang/produk dalam jumlah banyak kepada supplier. Sehingga reseller bisa menaikan selisih harga penjualan lebih tinggi dari dropship.
  • Selain itu diskon yang yang didapatkan reseller lebih besar dibandingkan dropshipper, sehingga keuntungan yang didapat menjadi bertambah. 
Disamping banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh bisnis reseller, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diketahui, diantaranya:
  • Modal yang dibutuhkan tidak sedikit, terkadang agak besar. Seperti modal untuk membeli persediaan barang/produk, membeli kemasan produk, dsb.
  • Harus repot dalam urusan membeli barang persediaan, proses pengemasan barang, serta pengiriman barang.
  • Reseller memiliki resiko kerugian yang tinggi dibandingkan dengan dropshipper. Sebab bila barang dagangan tidak laku, maka reseller akan mengalami kerugian yang cukup besar. 
Seperti itulah perbedaan antara dropship dengan reseller. Sekarang mau pilih yang mana, itu tergantung kebutuhan anda. Bila anda masih baru dalam bisnis online dan dengan modal yang terbatas, mulailah dengan dropship terlebih dahulu. Sebab dropship sangat mudah dan cocok untuk pemula bisnis online. Setelah anda memiliki keuntungan yang cukup dan ingin mengembangkan lebih jauh lagi, barulah mencoba reseller. 

Sekia artikel kali ini, semoga memberikan manfaat untuk anda semua. Terima kasih.
Previous
Next Post »

5 komentar

  1. Nama saya Susi dari Indonesia, saya sudah lama mencari pinjaman asli dan yang saya dapatkan hanyalah penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dan pada akhirnya, mereka mengambil uang saya tanpa memberi saya pinjaman, semua harapan saya adalah hilang, saya menjadi bingung dan frustrasi, maka saya merasa sangat sulit untuk memberi makan keluarga saya, saya tidak pernah ingin ada hubungannya dengan pinjaman online lagi, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari seorang teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu pemberi pinjaman yang jujur ​​bernama Ny. Alicia Radu bahwa dia bisa membantu saya, bahwa dia baru saja mendapat pinjaman dari Ny. Alicia Radu, dia mengarahkan saya tentang cara melamar, saya lakukan seperti yang dia katakan, saya diterapkan, saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan yang paling mengejutkan saya mendapat pinjaman 300 juta rupiah, saya tidak percaya saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan. Saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada ALLAH, karena saya tidak percaya pemberi pinjaman jujur ​​seperti ini masih ada

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (susi85746@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  2. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus